• Uncategorized
  • 0

Jenis – Jenis Sistem Keamanan Properti Yang Perlu Kamu Ketahui

Ada berbagai jenis sistem keamanan di pasaran. Mulai dari alarm asap dan kebakaran hingga sistem canggih untuk mendeteksi para pencuri yang menggunakan berbagai metode dan teknologi. Memiliki sistem keamanan yang hebat baik mampu membuat perbedaan besar dalam ketenangan jiwa Anda. Anda akan merasa nyaman ketika tidur malam hari dan merasa percaya diri saat berangkat kerja di pagi hari karena mengetahui bahwa rumah, keluarga dan properti Anda telah terjamin keamanannya. 

Jenis – Jenis Sistem Keamanan

Di pasaran Anda akan mendapati banyak pilihan berbeda untuk sistem keamanan, yang selalu berkembang dengan cepat. Disini kita melihat berbagai jenis sistem keamanan rumah maupun tempat usaha yang akan membantu Anda memilih sistem yang tepat untuk Anda. 

1. Alarm Lokal 

Sistem alarm lokal adalah jenis sistem alarm paling dasar yang mengawasi dengan sangat sederhana. Perangkat ini termasuk sensor, yang ditempatkan di pintu atau jendela. Sensor biasanya memiliki dua bagian namun tidak terhubung ke sebuah kontrol panel. Jenis sistem ini juga dapat mencakup detektor gerakan dengan konsep dasar sederhana yakni ketika sirkuit rusak maka alarm akan berbunyi. Suara alarm keluar langsung dari perangkat itu sendiri. 

2. Sistem Alarm Berkabel 

Sistem alarm kabel adalah pilihan yang telah populer selama bertahun – tahun. Jenis sistem ini mencakup panel kontrol, serta sensor kabel dan detektor gerakan. Kamera yang disertakan dengan sistem ini juga terhubung dengan kabel. Contoh kasus, ketika seseorang atau sesuatu melewati sistem maka alarm berbunyi. 

3. Sistem Alarm Nirkabel 

Sistem alarm nirkabel sebenarnya bekerja sangat mirip dengan sistem kabel. Perbedaan yang paling penting adalah tidak adanya kabel. Saat sensor atau detektor gerakan mati, alarm berbunyi. Meskipun tanpa kabel, namun sistem ini juga memungkinkan untuk meng mengakomodasi sebuah kamera pengintai.

3. Sistem Keamanan Terpantau 

Sistem keamanan yang dipantau diawasi oleh tim atau profesional jarak jauh 24/7 di pusat pemantauan. Ini dioperasikan oleh panel kontrol pusat. Banyak komponen mengirimkan data penting ke stasiun terpusat, termasuk sensor untuk pintu dan jendela. Sensor gerak digunakan untuk memantau bagian dalam dan luar rumah untuk mendeteksi kemungkinan gangguan. Software VMS macula menjadi salah satu yang terbaik dalam sistem keamanan terpantau.

4. Sistem Keamanan yang Tidak Terpantau 

Sistem yang tidak dipantau terdiri dari panel kontrol, sensor, dan sirene/alarm serta detektor gerakan dan kamera yang aktif karena gerakan. Indikator visual seperti lampu juga dapat disertakan dalam kategori ini. Meskipun dipicu dengan cara yang sama seperti sistem yang dipantau, namun sistem ini tidak diawasi oleh sebuah layanan khusus. Meski begitu, Anda masih dapat memantau rumah Anda dari ponsel maupun komputer, sehingga Anda dapat menerima peringatan dan mengkonfigurasi sistem melalui perangkat seluler Anda. Alarm paradox merupakan produk yang menyediakan berbagai fitur menarik dalam sistem ini.

5. Sistem Alarm Lainnya 

Pencuri bukan satu-satunya ancaman terhadap keamanan rumah, jangan lupa ada ancaman lain seperti asap, api, dan cuaca buruk. Untungnya, ada beberapa sistem yang mampu memantau properti Anda dengan kebutuhan – kebutuhan khusus seperti detektor alarm kebakaran, detektor kaca hingga detektor ketinggian air.

Seperti yang Anda lihat diatas, ada berbagai pilihan untuk menemukan sistem yang sesuai untuk kebutuhan Anda. Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum membuat keputusan, mulai dari anggaran hingga ukuran properti tersebut. Diantara semua pilihan mungkin Anda bisa mempertimbangkan Alarm Paradox atau VMS Macula sebagai pilihan Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.