Cara Menyalin Kontak Dari Grup WhatsApp

Jika Anda tidak ingin kehilangan jejak kontak grup WhatsApp Anda, mengimpornya ke dalam spreadsheet patut dipertimbangkan.

Apakah Anda takut kehilangan kontak dengan anggota grup Anda di WhatsApp? Menyimpan setiap kontak dari grup ke telepon Anda adalah proses yang memakan waktu. Dan itu juga mungkin tidak perlu, terutama ketika Anda tidak memiliki hubungan pribadi dengan mereka.

Tetapi bagaimana dengan menyalin dan menyimpan semua kontak grup WhatsApp ke dalam spreadsheet—semuanya pada saat yang bersamaan? Bagaimanapun, Anda mungkin membutuhkannya di masa depan.

Berikut cara menyalin nomor kontak dari grup WhatsApp ke dokumen Excel.

Mengapa Anda Mungkin Ingin Menyimpan Kontak Obrolan Grup Di Tempat Lain

Dikutip dari gimana.net

Ketika Anda menyimpan kontak grup WhatsApp Anda di tempat lain selain di ponsel Anda, ini memungkinkan Anda untuk menjangkau mereka bahkan ketika Anda sedang offline.

Memiliki kemampuan untuk menghubungi anggota obrolan grup saat offline berguna karena berbagai alasan. Jika WhatsApp Anda diretas atau ponsel Anda dicuri, misalnya, Anda dapat mengirim SMS massal ke anggota grup dan memberi tahu mereka bahwa Anda kehilangan akses ke WhatsApp.

Cara Menyalin Web Kontak Grup WhatsApp Menggunakan Ekstensi Google Chrome

Untuk menyalin kontak obrolan grup Anda dari WhatsApp ke spreadsheet, Anda harus menggunakan komputer. Cara pertama untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan ekstensi Google Chrome. Untuk menggunakan opsi ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara pertama untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan ekstensi Google Chrome. Untuk menggunakan opsi ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.Buka Toko Web Google Chrome. Kemudian, unduh dan instal ekstensi Get WhatsApp Group Contacts .
2.Setelah menginstal ekstensi, buka WhatsApp Web di browser Chrome Anda.
3.Pindai kode QR dengan kamera ponsel Anda untuk menyinkronkan dan membuka WhatsApp Anda.
4.Pilih grup WhatsApp tempat Anda ingin mendapatkan detail kontak orang, lihat pojok kanan atas halaman grup, dan klik Simpan kontak .
5.Pilih Simpan file CSV untuk mengunduh nomor telepon dalam format ini. Anda juga dapat memilih Salin ke papan klip , lalu menempelkannya ke lembar Excel.

Cara Menyalin Kontak Grup WhatsApp Menggunakan Elemen Inspeksi

Berbeda dengan opsi sebelumnya, cara menyalin nomor dari grup WhatsApp ke spreadsheet Excel ini lebih manual. Tapi itu tidak terlalu teknis, jadi jangan khawatir. Anda dapat menggunakan browser web apa pun yang tersedia, selama itu memungkinkan Anda memeriksa elemen situs web.

Untuk mendapatkan nomor telepon di grup WhatsApp Anda menggunakan Inspect Element di Google Chrome, pertama-tama Anda harus membuka WhatsApp Web di komputer Anda.

Setelah itu, Anda dapat memilih grup yang ingin Anda salin kontaknya. Lihat ke bagian atas halaman grup (di bawah nama grup), di mana Anda akan melihat beberapa nomor telepon atau kontak terdaftar secara horizontal.

Setelah Anda mengklik kontak, pilih Inspect . Anda akan melihat angka yang sudah disorot di menu Elemen ; klik kanan pada ini dan Anda akan melihat daftar opsi. Pilih Salin > Salin elemen dari rangkaian pilihan berikutnya.

Setelah menyalin nomor, Anda dapat menempelkannya ke dalam spreadsheet.

Untuk mengekstrak nomor grup WhatsApp dari Firefox, prosesnya sedikit berbeda dari Google Chrome.

Di bawah ini, Anda akan melihat langkah-langkah cara menyalin nomor grup WhatsApp di Firefox.

1.Ikuti proses yang sama untuk mengakses WhatsApp Web melalui Google Chrome.
2.Pilih grup tempat Anda ingin menyalin kontak.
3.Klik kanan pada kontak yang terdaftar secara horizontal di bagian atas grup. Pilih Periksa(Q) .
4.Klik kanan teks yang disorot di konsol inspeksi. Pilih Salin > HTML Dalam .
5.Tempelkan kontak yang disalin ke dalam lembar Excel.

Mengatur Nomor Telepon Menjadi Sel Excel yang Terpisah

Setelah menyalin nomor telepon grup WhatsApp Anda ke Excel, Anda akan melihat bahwa nomor tersebut tidak dipisahkan menjadi sel individual. Memisahkannya akan memudahkan untuk menyalin dan menempelkan nomor satu per satu saat dibutuhkan.

Untuk memisahkan nomor ke dalam sel Excel individual, pertama-tama Anda harus memilih kolom yang berisi nomor telepon. Dari pita Excel, klik Data . Kemudian, pilih Teks ke Kolom .

Di jendela berikutnya, centang lingkaran Dibatasi . Setelah itu, klik Berikutnya .

Di Jendela berikut, hapus centang pada opsi Tab . Setelah Anda selesai melakukannya, centang kotak Koma .

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah yang disebutkan di atas, klik Berikutnya . Kemudian, pilih Selesai . Nomor telepon sekarang berada di sel terpisah dalam satu baris. Pilih seluruh baris itu dan salin dengan menekan Ctrl + C pada keyboard Anda.

Setelah melakukan hal di atas, Anda dapat membuka lembar baru atau mengklik kanan pada sel mana pun di dalam yang sudah dibuka. Apa pun yang Anda pilih, Anda harus pergi ke Tempel Spesial… > Opsi Tempel Lainnya > Tempel Spesial… .

Setelah mengklik opsi tempel, klik kotak centang Transpose . Kemudian, ketuk OK . Anda sekarang akan melihat nomor kontak dalam satu kolom. Tetapi di mana mereka sebelumnya dibundel bersama, masing-masing sekarang harus memiliki sel mereka sendiri yang terpisah.

Catatan: Jika kontak sudah ada di buku telepon Anda, Anda akan melihat nama yang Anda gunakan untuk menyimpannya—dan bukan nomor teleponnya. Namun, Anda masih bisa mendapatkan nomor ponsel mereka dari buku telepon Anda setelah Anda tahu mereka dikelompokkan dalam Excel.

Jangan Kehilangan Kontak Dengan Grup WhatsApp Anda

Sumber: Gimana.net

Leave a Reply

Your email address will not be published.